Recent Posts

KEUTAMAAN PENUNTUT ILMU


     Firman Allah Ta’ala Q.S. az-Zumar: 9 (Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?") mengaskan bahwa berilmu dan tidak berilmu berbeda dalam segala hal.
Ø  Firman Allah Ta’ala Q.S. al-Mujadalah: 11 (Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat) mengaskan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu dengan memberikannya kemuliaan. Kemuliaan yang diberikan Allah adalah kemuliaan yang bersifat hakiki, berbeda dengan kemuliaan yang diberikan oleh manusia. Karena kemuliaan semacam itu bersifat nisbi, sebagai contoh seorang yang mendapat kemuliaan karena memiliki jabatan tinggi akan hilang kemuliaannya seiring dengan kepergian jabatan itu darinya.
Ibnu Abbas menjelaskan bahwa ulama (orang berilmu) memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan mukmin (orang beriman) sebanyak 700 derajat.
Ø  Firman Allah Ta’ala Q.S. Fathir: 28 (Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama) menjelaskan bahwa ulama adalah hamba Allah yang paling takut kepada Allah disbanding hamba-hamba-Nya yang lain.
Ø  Dalam firman Allah Q.S. al-Maidah: 4 ("Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang buas yang telah kamu ajar dengan melatih nya untuk berburu; kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu) mengaskan adanya perbedaan antara hewan yang terlatih (diberi ilmu) dengan yang tidak. Dengan demikian kemuliaan ilmu tidak hanya mengangkat derajat manusia tetapi hewan sekalipun akan terangkat dengannya.

“...ilmu itu jika melekat pada sesuatu maka sesuatu itu akan menjadi mulia…”

Related Post



Posting Komentar

Text Widget

Total Pageviews

Categories

Blogger Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

About Me

Foto Saya
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

mari berteman